1. Pengertian Laporan
Laporan ialah karya tulis ilmiah yang
dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yangberhubungan secara structural atau kedinasan setelah melaksanakan tugas
yang diberikan.Laporan tersebut sebagai
bukti pertanggung jawaban bawahan/petugas tim/panitia kepadaatasannya atas pelaksanaan tugas yang diberikan.
2. Dasar Laporan
a.
Clear
Kejelasan
suatu laporan diperlukan baik kejelasan dalam pemakaian bahasa, istilah, maupun
kata-kata harus yang mudah dicerna, dipahami dan dimengerti bagi si pembaca.
b.
Mengenai sasaran
permasalahannya
Caranya dengan jalan menghindarkan pemakaian kata-kata
yang membingungkan atau tidak muluk-muluk, demikian juga hal dalam penyusunan
kata-kata maupun kalimat harus jelas dan singkat, jangan sampai ngelantur
kemana-mana dan bertele-tele yang membuat si pembaca laporan semakin bingung
dan tidak mengerti.
c.
Lengkap (complete)
Kelengkapan
tersebut menyangkut :
-
Permasalahan yang
dibahas harus sudah terselesaikan semua sehingga tidak menimbulkan tanda tanya.
-
Pembahasan urutan
permasalahan harus sesuai dengan prioritas penting tidanya permasalahan
diselesaikan.
d.
Tepat waktu dan
cermat
Tepat waktu sangat diperlukan dalam penyampaian
laporan kepada pihak-pihak yang membutuhkan karena pihak yang membutuhkan
laporan untuk menghadapi masalah-masalah yang bersifat mendadak membutuhkan
pembuatan laporan yang bisa diusahakan secepat-cepatnya dibuat dan disampaikan.
e.
Tetap (consistent)
Laporan yang didukung data-data yang bersifat tetap
dalam arti selalu akurat dan tidak berubah-ubah sesuai dengan perubahan waktu
dan keadaan akan membuat suatu laporan lebih dapat dipercaya dan diterima.
f.
Objective dan Factual
Pembuatan laporan harus berdasarkan fakta-fakta yang
bisa dibuktikan kebenarannya maupun dibuat secara objektif.
g.
Harus ada proses
timbal balik
-
Laporan yang baik
harus bisa dipahami dan dimengerti sehingga menimbulkan rasa tertarik si
pembaca.
-
Jika si pembaca
memberikan respon berarti menunjukkan adanya proses timbal balik yang bisa
memanfaatka secara pemberi laporan maupun si pembaca laporan.
3. Sistematika Laporan
b.Sistematika laporan ilmiah
Laporan
ilmiah dapat berbentuk naskah atau buku karena berisi hal-hal yang terperinci
berkaitandengan data-data yang akurat dan lengkap.Laporan ilmiah atau laporan
formal terdiri atas :
1.bagian
awal, terdiri atas :
a.halaman
judul:judul, maksud, tujuan penulisan, identitas penuli, intansi asal, kota
penyusunan,dan tahun.
b. halaman
pengesahan (jika perlu)
c. halaman
motto/semboyan(jika perlu)
d. halaman
persembahan (jika perlu)
e. prakataf
f.daftar isi
g.daftar
table
h. daftar
grafik
i. daftar
gambar
j.abstrak:
uraian singkat tentang isi laporan
2. bagian
isi :
a.bab I
pendahuluan
berisi
tentang(1) latar belakang(2)identitas masalah(3) pembatasan masalah(4)rumusan
masalah(5) tujuan dan manfaat
b. bab II:
kajian pustaka
c. Bab
III:metode
d. bab
IV:pembahasan
e. bab V:
penutup
3. bagian
akhir :
a. daftar
pustaka
b.daftar
lampiran
c. indeks :
daftar istilah
Jenis-jenis
laporan
a. Laporan
Program Kerja
b. Laporan
Ilmiah
c. Laporan
pertanggung jawaban
4. Contoh Laporan Resmi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar