1. Buat contoh kegiatan menulis di perguruan tinggi.
(PENELITIAN ILMIAH)
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Sistem pembelajaran elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-learning adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning tercipta karena kemajuan teknologi yang dikembangkan oleh manusia. Seiring dengan kemajuan teknologi yang berkembang,proses pembelajaran saat ini mau tidak mau harus manfaatkan dari kemajuan teknologi.
Dulu mungkin murid harus membaca diperpustakaan untuk bisa menambah ilmu atau pengetahuan yang dia miliki. Tapi sekarang era komputerisasi,mau mengambil uang saja kita sudah bisa menggunakan (Automated Teller Machine) atau anjungan tunai mandiri (ATM). Tinggal masukan kartu ATM ke mesin ATM,uang yang kita butuhkan akan keluar dengan sendirinya. Sesuai dengan saldo yang anda butuhkan. Untuk belajar atau sekedar ingin tahu informasi yang sedang hangat dibicarakan,kita sudah bisa mengakses dengan komputer jinjing atau lebih familiarnya laptop,atau media lainnya seperti handphone.
Dengan e-learning, peserta atau murid tidak perlu duduk manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program study atau program pendidikan. Untuk mendukung program ini,dukungan dari orang tua itu sangat penting. Juga dibutuhkan motifasi dan disiplin diri dari murid tersebut.
Dari masalah diatas,penulis bermaksud membuat aplikasi e-learning agar dapat mempermudah pengguna mengakses informasi tentang buah-buahan dari hasil akses di aplikasi e-learning tersebut.
1.2 BATASAN MASALAH
Penulis ingin aplikasi e-learningnya dinikmati oleh anak yang jenjang pendidikannya masih di sekolah dasar yaitu kelas 4 – 6 dan pengguna aplikasi tersebut. Dengan memperhatikan masalah yang terjadi,maka dibuat batasan masalah pada penulisan ilmiah ini. Penulis menggunakan Adobe Flash CS5 sebagai editor dari tampilan. Adobe Flash CS5 juga sebagai penunjang efek gambar dalam media informasi tersebut. Juga untuk mengolah layer dan teks,mengedit objek,mengolah suara,dan mengolah action script.
1.3 TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk membuat aplikasi e-learning yang dapat mempermudah atau mempernyaman pengguna yaitu anak-anak. Untuk sekedar mengakses informasi yang sederhana ini.
1.4 METODE PENULISAN
Metode yang digunakan penulis dalam penulisan ini dijelaskan dengan tahapan sebagai berikut:
- Pencarian dan pengumpulan data
Pada tahap ini penulis menggunakan metode studi pustaka untuk mencari data mengenai buah-buahan dari buku-buku, internet, serta dari catatan-catatan yang berkaitan dengan materi bahasan yang dibutuhkan dalam penulisan ini.
- Pemilihan software
Software yang dipilih oleh penulis yaitu Adobe Flash CS5 untuk membuat tampilan aplikasi pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan fitur dan ActionScript dari Adobe Flash CS5 tersebut yang penulis pelajari melalui buku dan internet.
- Perancangan dan Pembuatan Tampilan
Aplikasi e-learning ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS5 sebagai media perancangan aplikasi utama dan untuk membuat desain tampilan sehingga aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang menarik, penulis dibantu dengan software Adobe Photoshop CS3 sebagai media. Penulis menggunakan perangkat komputer pribadi dengan spesifikasi sebagai berikut:
Processor INTEL CORE 2(tm) Duo CPU T6400 @ 2.00GHz (2 CPUs)
Memory 2048MB RAM
Display Adapter SiS Mirage 3 Graphics 256MB
Sistem Operasi Windows 7 ultimate 32-bit (6.1, build 7600)
1.5 Sistematika Penulisan
Penulisan ini seluruhnya terdiri dari 4 bab yang di dalamnya terdapat beberapa subbab yang akan menjelaskan penulisan ini secara lebih terperinci, yaitu:
Bab 1 Pendahuluan, berisi mengenai latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan yang digunakan oleh penulis.
Bab 2 Landasan Teori, berisi uraian mengenai definisi e-learning serta penjelasan secara umum. Mulai dari penjabaran tools-tools yang di pakai dalam membuat suatu Aplikasi, Action Script yang di pakai dalam Adobe Flash CS5. Beserta tampilan antar muka dari software utama yang digunakan penulis yaitu Adobe Flash CS5.
Bab 3 Perancangan Aplikasi, berisi uraian mengenai perancangan aplikasi mencakup perancangan desain aplikasi, langkah-langkah pembuatan aplikasi, software yang digunakan untuk membuat aplikasi, script yang digunakan, dan tampilan akhir dari aplikasi ini.
Bab 4 Penutup, berisi kesimpulan dan saran dari penulis untuk pengembangan aplikasi ini di masa yang akan datang.
2. Apa itu karya tulis ilmiah ??
KARYA TULIS ILMIAH
Penelitian ilmiah adalah rangkaian pengamatan yang sambung menyambung, berakumulasi dan melahirkan teori-teori yang mampu menjelaskan dan meramalkan fenomena - fenomena. Penelitian ilmiah sering diasosiasikan dengan metode ilmiah sebagai tata cara sistimatis yang digunakan untuk melakukan penelitian.
Dari definisi di atas, dapat dilihat bahwa karya tulis sebenarnya adalah laporan dari sebuah pengkajian, baik dalam arti penelitian maupun gagasan-gagasan koseptual dari hasil telaahan. Laporan ini akan mengambil bentuk yang berbeda-beda, ketika ditulis. Biasanya hal ini terkait dengan kepentingan dari laporan itu sendiri. Oleh karena itu, karya ilmiah bisa dilihat dalam beberapa bentuk: 1) makalah, yaitu karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah disertai analisis logis dan objektif, biasanya dirancang untuk kepentingan seminar, 2) artikel, yakni karya tulis yang dirancang untuk kepentingan penerbitan jurnal, 3) skripsi, tesis dan disertasi, yaitu karya tulis ilmiah yang dijadikan sebagai persyaratan akhir untuk memperoleh gelar kesarjanaan.
3. CV saya.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data Pribadi
Nama Lengkap : Wahyu Desnadi
Alamat : Kp.Jembatan Rt.009/Rw.017 no.37
Telepon Rumah : 021-46820***
Telepon HP : 08998444***
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 15 Desember 1990
Jenis Kelamin : Laki - Laki
Agama : Islam
Website : desnady.blogspot.com
Pendidikan Formal
1997 – 2003 : SD Negeri Malaka Sari 03 Pagi
2003 – 2006 : SMP Negeri 213 Jakarta
2006 – 2009 : SMA Negeri 44 Jakarta
2009 : Universitas Gunadarma (Sistem Informasi – S1)
Pendidikan Non Formal
2007 - 2008 : LPM chic's Rawamangun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar